Analisis Dan Design Sistem
SYSTEMS ANALYSIS AND DESIGN
1. Latar belakang perlunya kegiatan Analisis dan Desain Sistem
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan pada masa globalisasi ini dirasakan telah semakin pesat dan canggih. Semua ini dikarenakan hasil dari pemikiran-pemikiran manusia yang semakin maju, hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan ilmu komputer yang semakin hari semakin berkembang dengan pesat. Selain itu perkembangan teknologi semakin mendukung bagi pengembangan penyebaran informasi melalui media cetak yang menyebar diseluruh lapisan masyarakat. Penyebaran informasi tidak hanya bisa diperoleh melalui media cetak saja tetapi bisa juga didapatkan melalui media elektronik seperti televisi, radio, dan internet/website
dari semakin tingginya perkembangan teknologi ini kita harus perlu yang namanya kegiatan analisis dan desain sistem ini agar kita bisa untuk mengindentifitasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya dimasa modern ini.
Informasi tentang kebutuhan sistem informasi yang diperlukan untuk menghasilkan perencanaan sistem informasi yang dapat mendukung sistem informasi berbasis web pada Crown Christian School dengan database terintegrasi.
intinya kita di zaman milenial ini khususnya di 2022 sekarang sangat penting masyarakat indonesia khususnya mahasiswa di indonesia untuk memperlajari analisis dan desain sistem demi indonesia kedepannya.
2. Manfaat kegiatan Analisis dan Desain Sistem
jika di tanya mengenai manfaat kegiatan analisis dan desain sistem ini sangat banyak sekali manfaatnya yang bisa kita ambil salah satunya kita bisa menganalisis dari sebuah perencanaan tapi ada beberapa manfaat yang menurut saya penting untuk di ketahui antara lain :
1. kita bisa membuat sebuah perencanaan , penggambaran dan pembuatan sketsa kedalam kesatuan yang berfungsi.
2. kita bisa mendefinisikan dari sebuah kebutuhan fungsional dan membangun suatu sistem apa saja untuk dibentuk.
3. kita akan terbiasa membuat perencanaan apapun tanpa adanya masalah atau hambatan kenapa? karena didalam kegiatan analisis dan sistem ini kita harus yang namanya mengavaluasi.
4. kita bisa membuat suatu keputusan jika sebuah sistem apapun mengalami masalah atau mengalami hambatan dengan baik dan hasil analisis akan bisa memperbaiki sistem.
5. kita akan terbiasa tenang , nyaman dalam membuat apapun sistem itu karena kita pasti sering mendapatkan masalah atau hambatan.
3. Contoh kasus kegagalan proyek perangkat lunak dan penyebab terjadinya kegagalan tersebut
KASUS KEGAGALAN PERANGKAT LUNAK
Akan tetapi banyak juga terjadi kegagalan suatu perangkat lunak bahkan menimbulkan kerusakan dan kematian, seperti pada kasus-kasus berikut:
Pada tahun 1988 kapal perang USS Vincennes menempak jatuh pesawat komersil Airbus 320 yang disebabkan oleh output program pelacakan yang ditampilkan tidak jelas.
Kesalahan diagnosa pada perangkat lunak medis yang menyebabkan kematian.
Sistem peringatan radar kapal yang mengidentifikasi roket Excocet sebagai teman yang mengakibatkan kapal The British Destroyer tenggelam.
Therac 25 merupakan perangkat terapi radiasi medis yang bekerja dengan sistem terkomputerisasi. Pada tahun 1985 hingga 1987 terdapat 6 kali kecelakaan akibat overdosis radiasi yang dihasilkan oleh alat tersebut hingga mengakibatkan kematian dan luka serius. Sistem keamanan dari Therac25 ini lebih mengandalkan perangkat lunak bukan pada perangkat keras sementara pengujian keamanan yang dilakukan lebih ke arah perangkat keras dan tidak ke perangkat lunak sehingga mengakibatkan kesalahan perangkat lunak terutama system engneering.
Pada tahun 2003, dimana listrik mati di amerika timur dan sebagian kanada selama lebih dari sehari sebenarnya listrik sudah dapat menyala dalam dua jam namun dikarenakan fungsi alarm dalam software manajemen listrik tidak bekerja.
Pada tahun 1962, roket milik eropa terpaksa diledakan setelah tiga menit lepas landas karena komputer pengendali mengatakan bahwa roket dalam keadaan tidak terkendali, oleh karena itu untuk menghindari resiko yang lebih besar maka roket tersebut diledakan secara paka. Padahal sebetulnya roket tersebut baik-baik saja. Kesalahan komputer dalam memberikan informasi diakibatkan kesalahan program perangkat lunak yang digunakan. Diketahui kesalahan program disebabkan programmer lupa memasukan tanda bar di atas simbol tertentu unuk menunjukan nilai rata-rata.
Pada tahun 1996, roket Arienne 5 keluar jalur dan meledak hanya 40 detik setelah diluncurkan. Penyebabnya dimana terjadi overflow saat mengkonversi sebuah nilai floating 64 bt yang berkaitan dengan kecepatan horisontal roket 16 bit. Angkanya lebih besar 32,767 nilai integer yang bia diimpan di 16 bit sehingga mengakibatkan konveri gagal.
Pada tahun 1991, militer Amerika gagal dalam mengantisipasi roket Irak sehingga menghantam barak tentara. Hal ini disebabkan pada kesalahan perhitungan waktu sejak booting yang berakibat pada kesalahan aritmetik komputer sehingga waktu yang terukur di alat lebih lama dibandingkan dengan kenyataanya.
PENYEBAB KEGAGALAN PERANGKAT LUNAK
Dari beberapa kasus tersebut dan penyebab kegagalan sebuah perangkat lunak disebabkan oleh beberapa faktor dan hal, diantaranya
Analisa sistem yang kurang baik merupakan penyebab kegagalan yang sering terjadi, dimana perangkat lunak umumnya tidak bisa memenuhi fungsi dan tugasnya. Salah satu penyebabnya dimana pengguna kurang terbuka dalam menyatakan kebutuhan sehingga menyulitkan pengembang perangkat lunak untuk menterjemahkan dalam suatu model.
Perencanaan yang Buruk termasuk penjadwalan pekerjaan tidak sempurma. Pimpinan proyek termasuk manajer menganggap tidak perlu adanya perencanaan yang matang atau rencana dibuat sembali proyek jalan. Perencaan jadwal kerja yang buruk bisa mengakibatkan tidak ada target yang harus dicapai pada waktu tertentu sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pengembnagnan perangkat lunak menjadi molor dari deadline yang ditetapkan.
Perencanaan finansial yang buruk sehingga mengakibatkan ketidakmampuan memprediksi harga dan perubahan.
Arsitektur perangkat lunak kurang bagus, arsitektur perangkat lunak harus mempunyai kemampuan beradaptasi dengan rencana jangka panjang maupun perubahan-perubahan yang dibutuhkan.
Terlambat mengetahui tanda-tanda kegagalan perangkat lunak, sinyak kegagalan terkadang teah mucul dari awal hanya saj tidak satupun yang memahaminya atau tidak diperbaiki, sehingga ketika tanda-tanda tersebut semakin jelas dan membesar, proyek sulit diselamatkan lagi dan membutuhkan waktu yang lebih banyak lagi.
Kegagalan komunikasi dan konflik antar stakeholder, kegagalan komunikasi bisa terjadi baik antar pengembang perangkat lunak ataupun antar stakeholder.
Komentar
Posting Komentar